Waspadai 5 Jenis Kanker Yang Paling Mematikan

Waspadai 5 Jenis Kanker Yang Paling Mematikan- Hallo gaes kembali lagi di caragaya, kali ini kami akan membahas mengenai 5 jenis kanker yang bisa menyebabkan kematian. Menurut WHO, kanker merupakan penyebab kematian ketiga di Indonesia, setelah penyakit menular dan penyakit jantung. Berdasarkan oleh Departemen Kesehatan RI, ada sekitar 30% lebih kematian yang disebabkan oleh kanker sebab 5 faktor resiko akibat pola makan dan gaya hidupnya, diantaranya karena kurang mengkonsumsi sayur dan buah buahan, memiliki berat badan berlebih, mengkonsumsi alkohol berlebih, merokok, dan kurangnya berolahraga.

Di Indonesia, setidaknya ada 6 jenis penyakit kanker paling mematikan dan paling ditakuti oleh masyarakat. Hal ini dihitung dari banyaknya jumlah kematian oleh penderitaa kanker tersebut. Berikut urutan jenis kanker yang paling mematikan di Indonesia.

1.Kanker Bronkus, Trakea Dan Paru

Jenis kanker yang paling mematikan urutan kesatu di Indonesia berdasarkan data WHO pada tahun 2014 dengan jumlah penderita sekitar 30.866 orang ialah kanker paru, bronkus dan trakea. Di Indonesia kanker yang satu ini banyak memakan korban jiwa baik dari kaum adam maupun kaum hawa. Untuk kaum adam kanker ini ada di posisi paling pertama yang total kematiannya sekitar 22.476 jiwa. Kanker jenis ini merupakan kanker yang awalnya menyerang paru paru, lalu menyebar di beberapa bagian tubuh lainnya.

Penyebab timbulnya kanker paru ialah kebiasaan merokok. Merokok termasuk kedalam faktor penyebab paling tinggi, dan bahkan hampit 85% faktor tertinggi penyebab kanker paru dari semua kasus. Tapi sayangnya perokok pasif juga bisa terkena dampak penyakit yang satu ini. Seseorang yang tinggal bersama orang perokok aktif. Sekitar 20-30 % kemungkinan besar juga mempunyai penyakit kanker paru apabila dibandingkan dengan orang yang hidup dengan orang yang bukan perokok.

Baca Juga : Manfaat Putih Telur Yang Wajib Kalian Ketahui Untuk Kecantikan

2.Kanker Payudara

Jenis kanker paling mematikan Di Indonesia urutan kedua ialah kanker payudara. Dengan jumlah kematian di Indonesia pada tahun 2014 menurut WHO sampai 19.731 orang. Kanker payudara pada umumnya terjadi pasca menopause. Tetapi tak menutup kemungkinan kalian juga bisa mengalami penyakit kanker payudara apabila memiliki penyakit bawaan, memiliki berat badan berlebih, memiliki perubahan gen, terlalu banyak mengkonsumsi alkohol, menstruasi pertama terjadi sebelum menginjak usia 11 tahun, hamil pertama di atas usia 35 tahun, atau bisa juga disebabkan oleh faktor paparan radiasi. Penyakit kanker yang satu ini masih bisa ditolong apabila kalian mengetahuinya sejak dini atau pada stadium stadium awal penyakit.

3.Kanker Kolorektal

Kesempatan seseorang untuk mengalami resiko penyakit kanker usus akan semakin besar saat bertambahnya usia. Kalian bisa beresiko terkena penyakit kanker usus atau kolorektal apabila memiliki bawaan dari orang tua, perokok aktif, terlalu banyak mengkonsumsi alkohol, dan obesitas. Untuk mengetahuinya sejak sedini mungkin. Kalian juga harus melakukan tes screening sehingga kemungkinan bisa bertahan hidup semakin tinggi. Akan tetapi tidak sedikit orang yang enggan untuk melakukan tes tersebut. Sehingga pada akhirnya mereka tidak bisa bertahan hidup saat mengetahui kanker usus terjadi disaat sudah mencapai stadium tinggi. Adapun jumlah kematian di Indonesia akibat kanker Kolorektal menurut dara WHO berjumlah sekitar 18.389 orang. Dengan jumlah tersebut kanker usus termasuk sebagai salah satu penyakit kanker yang paling mematikan di Indonesia.

4.Kanker Serviks

Kanker serviks juga termasuk salah satu penyakit kanker yang paling mematikan di Indonesia dan ditakuti terutama bagi kaum hawa. Tidak hanyak di Indonesia saja, tapi bahkan ditakuti oleh seluruh kaum hawa diseluruh dunia. Visur yang menyebabkan terjadinya kanker serviks bernama human papillomavirus, tetapi sebenernya tidak semua jenis virus ini bisa menyebabkan kanker. Ada beberapa dari virus yang satu ini bisa menimbulkan kutil kelamin maupun penyakit lainnya tanpa adanya gejala apapun. Ini merupakan alasan penting wanita melakukan papsmear dengan teratur. tujuan dari tes papsmear untuk menemukan adanya perubahan dibagian sel leher rahim sejak awal sebelum menjadi sel kanker. Jenis kanker paling mematikan di Indonesia ini sudah banyak loh memakan korban jiwa, kematian di Indonesia akibat kanker serviks di Indonesia mencapai 9.491 orang.

Baca Juga : Cara Paling Ampuh Mengatasi Susah Tidur

5.Kanker Prostat

Selain wanita, pria di Indonesia juga menakuti penyakit kanker prostat sebagai salah satu penyakit kanker paling mematikan di dunia. Salah seorang pria bisa kemungkinan besar untuk mengalami kanker prostat setelah berusia setengah abad keatas. Pada umumnya dokter telah menemukan kanker prostat pada pria yang berusia 65 tahun ketas. Pria yang senang mengkonsumsi daging merah maupun produk susu dengan kadar tinggi lebih beresiko terkena kanker prostat. Jumlah kematian di Indonesia yang di akibatkan oleh kanker prostat menurut WHO sekitar 9.176 orang. Oleh karena itu tidak heran apabila kanker prostat termasuk salah satu jenis kanker yang paling mematikan di Indonesia.