Si Kecil Susah Makan? Simak 5 Penyebab Anak Susah Makan Berikut ini Yuk Moms!

Si Kecil Susah Makan? Simak 5 Penyebab Anak Susah Makan Berikut ini Yuk Moms!-Penyebab sibuah hati susah makan ternyata ada banyak, kenali penyebabnya supaya kalian tenang dan sibuah hati tumbuh sehat. Anak anak adalah hal yang paling penting bagi setiap orang tua, melihat anaknya susah makan pasti bisa membuat orang tua khawatir.  Anak anak memerlukan gizi yang seimbang supaya cepat tumbuh dan menjadi anak yang sehat, tapi bagaimana apabila anak anda ternyata susah sekali untuk makan apalagi sampai tidak mau makan? pasti membuat sebuah kekhawatiran bukan? Ternyata penyebab ada beragam loh, entah itu si kecil hanya malas makan atau dia trauma terhadap suatu makanan dapat menjad penyebab utama anak susah makan.

Ini 5 penyebab anak susah makan yang wajib kalian ketahui, simak yuk Moms!

1.Pilih Pilih Makanan Atau Picky Eater

Picky eater ialah kondisi dimana si kecil hanya ingin makan makanan tertentu dan tidak menyukai jenis makanan tertentu. Penyebabnya dapat karena rasa, bentuk atau karena trauma terhadap makanan tertentu. Apabila sudah begini orangtua bisa sulit untuk mengkontrol gizi si anak akibatnya bisa kekurangan vitamin dan rentan terkena penyakit.

Kejadian seperti ini bisa sering terjadi pada anak anak sebagai contohnya ceperti anak tidak suka dengan makanan sayur, atau tidak menyukai makanan ikan. Cara mengatasinya ialah dengan mengelabuhi anak dengan mencampur sayur kedalam makanan yang ia sukai, atau membuat sayur terlihat menarik dengan penyajian yang cantik dan juga disukai si anak.

Baca Juga : 7 Cara Putusin Pacar Secara Halus

2.Alergi Terhadap Makanan Tertentu

Ini bisa menjadi hal yang patut diwaspadai, sebab alergi dapat sangat membahayan bagi sikecil. Alergi terjadi karena tubuh salah mengira bahwa protein dari makanan yang dianggap sebagai ancaman bagi tubuh.

Pada penyebab alergi ada kemungkinan si kecil menyukai makanan tersebut tapi tidak bisa memakannya sebab reaksi setelahnya. Reaksi alergi pada makanan contohnya seperti gatal gatal, sesak napas, ruam, dan lain sebagainya bisa sangat membahayakan si anak. Contohnya alergi makanan terhadap seafood, selai kacang dan alergi makanan yang lainnya.

3.Tidak Mau Makan

Dapat sangat Mengkhawatirkan saat si kecil tidak mau makan, hal ini bisa disebabkan oleh trauma terhadap makanan tertentu seperti tersedak dan lain sebagainya. Saat hal ini terjadi pada anak diusahakan membuat variasi makanan serta membuat sajian yang semenarik mungkin supaya anak tidak mengingat kejadian tersebut.

4.Depresi

Depresi menjadi salah satu penyebab dari anak susah makan apabila dilihat dari faktor psikologi. Depresi bisa membuat seseorang makan lebih banyak atau membuat anak tidak ingin makan sama sekali. Pastinya keduanya bisa membuat khawatir orang tua, penyebab depresi sendiri bisa berupa tekanan mental dari lingkungan luar seperti bullyng.

Mama harus mengetahui hal ini sejak awal dan mencoba untuk konsultasi kepada dokter, serta mencoba untuk membuatnya nyawan dan merasa terlindungi selama dirumah supaya anak dapat melupakan kejadian yang tidak menyenangkan diluar rumah dan makan dengan nyaman.

Baca Juga : 7 Cara Mengobati Sakit Maag Menggunakan Bahan Alami

5.Rasa Cemas

Ternyata rasa cemas merupakan salah satu penyebab anak susah makan. Perasaan takut untuk ditinggalkan atau berpisah dengan kedua orang tua bisa membuat anak susah untuk makan. Cobalah untuk konsultasi pada dokter atau kalian bisa menemani anak saat makan. Dan membuatnya untuk mengerti bahwa ibu tidak akan pergi selama ia sibuk makan.

Apabila anak susah lihat dulu apa penyebab anak susah makan setelah itu mencoba untuk memberikan variasi makanan yang berbeda supaya anak tidak bosan. Menyajikan sajian yang menarik supaya anak anak tertarik untuk makan. Atur jam makan supaya dia tidak selalu merasa kenyang dan membuatnya susah makan serta libatkanlah anak dalam membuat makanan.

Hal hal inilah penyebab anak susah makan. Kalau kalian merasakan tanda tanda ini yang menjadi penyebab anak anak kalian susah untuk makan sesegera mungkin berkonsultasi kepada dokter ya gaes.