Jangan Takut, Berikut Ini 10 Cara Mengatasi Sembelit Secara Alami

Jangan Takut, Berikut Ini 10 Cara Mengatasi Sembelit Secara Alami– Sembelit atau bahasa medisnya konstipasi sering di alami baik oleh wanita atau pria, baik yang dewasa maupun anak anak. Ciri ciri sembelit ialah buang air besar tidak teratur atau malah tidak sama sekali, sering merasa kebelet namun yang keluar hanya sedikit, baik dalam ukuran besar maupun kecil. Penyebabnya cukup beragam, bisa jadi karena kurang minum, kurang serat, pola makan yang tidak teratur, atau  sedang sakit. Jadi bagaimana cara mengatasi sembelit secara alami? Ini 10 cara yang perlu kalian coba dirumah sebelum pergi ke dokter. Yuk simak baik baik!

1.Perbanyak Mengkonsumsi air putih

Sembelit bisa jadi tanda bahwa tubuh kalian sedang kekurangan cairan. Mengkonsumsi air putih 8 gelas per hari seperti yang di anjurkan dapat menjadi solusi pertama untuk mengatasi sembelit. Minumlah air putih secara teratur, semakin banyak kalian minum makan semakin mudah mengeluarkannya. Minuman lain yang dapat kalian coba untuk menambah cairan ialah teh dan jus buah. Hindari minuman yang bersoda atau mengandung alkohol ya gaes!

Baca Juga : Yuk Kenali Bahaya Dari 6 Jenis Narkoba Berikut Ini

2.Konsumsi Buah Dan Sayur

Kurang serat bisa menyebabkan buang air besar (BAB)  jadi keras dan sulit keluar. Makanlah buah dan sayur setiap hari contohnya seperti buah ceri, apel, anggur, pir, pepaya, brokoli, kembang kol, kacang kacangan, buncis. Mengkonsumsi makanan yang berserat bisa mempermudah pergerakan usus dan lebih mudah dicerna. Jadi jangan malas malas untuk mengkonsumsi buah dan sayur, sebab selain bisa mengatasi sembelit, tubuh kalian pun akan lebih sehat.

3.Kunyit

Kunyit memang sejak dulu sudah dikenal manfaatnya untuk menjaga kesehatan tubuh, terutama bagi kaum wanita untuk kecantikan dan mengatasi berbagai permasalahan pencernaan. Antioksidan yang terkandung di dalam kunyit mampu menjaga dan melindungi dinding usus, sehingga bisa mendorong sisa makanan dan keluar dari usus. Selain dari itu, kandungan vitamin dan mineralnya bisa meredakan rasa sakit yang ditimbulkan akibat konstipasi.

4.Kopi

Meminum kopi bisa membantu menyeimbangkan bakteri usus. Kopi juga sangat kaya akan serat sehingga bisa memicu pergerakan otot usus saat mengkonsumsi makanan. Kafein pada kopi ternyata menimbulkan dampak positif bagi kesehatan dan juga menimbulkan efek stimulan seperti bisa meningkatkan energi, suasana hati, menambah fungsi otak, meningkatkan kecerdasan dan memperlancar BAB.

5.Atur Jadwal BAB

Cobalah mengatur jadwal untuk buang air besar, setiap bangun tidur dipagi hari contohnhya. Dengan demikian, tubuh kita akan lebih terbiasa dengan alarm panggilan alam ini. Jadi, bukan hanya sekolah dan kerja saja yang memiliki jadwal yang teratur ya, pergi ke WC juga harus teratur.

6.Kurangi Konsumsi Susu

Konsumsi susu atau produk olahan susu juga dapat menjadi penyebab timbulnya sembelit. Usahakan sementara waktu kalian membatasi makanan yang mengandung susu seperti contohnya keju hingga sembelit kalian sembuh.

7.Minum Yogurt

Tingkatkan jumlah bakteri baik pada usus dengan mengkonsumsi yogurt. Bakteri usus diperlukan untuk produksi asam lemak dan asam laktat yang berfungsi untuk memudahkan pergerakan usus. Yogurt memiliki kultur aktif dan hidup yang berarti mengandung probiotik. Probiotik ini menghilangkan semua mikroorganisme berbahaya yang dapat menyebabkan kerusakan pada organ pencernaan dan memperkuat sistem kekebalan tubuh.

8. Buah Nanas 

Caranya cuku mudah dengan mengupas buah nanas, bersihkan, lalu parut dan peras untuk di ambil airnya. Minumlah dua kali sehari hingga sembelit kalian sembuh. Buah nanas ini banyak mengandung serat alami dan vitamin yang baik untuk pencernaan.

9.Dengan Berolahraga

Olahraga sering kali menjadi kunci utama supaya tubuh kalian tetap sehat dan terhindar dari penyakit. Menjadi aktif dan tidak terlalu banyak duduk bisa melancarkan pergerakan usus yang mungkin selama ini terhambat. Mulailah dari olahraga yang ringan seperti berjalan kaki selama 30 menit setiap hari.

Baca Juga : 7 Penyebab Kulit Ketiak Menjadi Gelap

10.Hindari Makanan Cepat Saji

Makanan cepat saji bisa menimbulkan sembelit yang kronis, hal ini disebabkan karena makanan ini kaya akan lemak, rendah serat dan tidak mengandung banyak nutrisi. Alangkah baiknya jika kalian menghindari konsumsi makanan jenis ini seperti sosi, pasta, daging olahan, keripik kentang, burger, kentang goreng dan lain lain.

Demikian tadi cara mengatasi sembelit secara alami yang dapat kalian praktikan dirumah baik kalian yang sedang mengalaminya atau tidak. Sebab mencegah datangnya penyakit lebih baik daripada mengobatinya. Jika sembelit masih terus berlanjut, alangkah baiknya kalian segera berkonsultasi kepad dokter untuk mencegah hal hal yang tidak diinginkan. Sebab apabila dibiarkan makan bisa menimbulkan penyakit yang lebih berbahaya, seperti buang air besar berdarah, wasir bahkan sampai kanker usus.