6 Cara Mudah Mengatasi Nyeri Sendi Tanpa Obat

6 Cara Mudah Mengatasi Nyeri Sendi Tanpa Obat-Persendian merupakan salah satu bagian tubuh yang berfungsi untuk menahan kerangka tubuh. Keberadaan dan kesehatan sendi sangat amat penting bagi tubuh sebab berfungsi untuk meregangkan, memutar dan bergerak.

Saat kalian terkena nyeri sendi maka semua aktivitas harian kalian pun ikut terganggu, sebab rasa ngilu yang biasanya mengikuti gangguan ini.

Berikut ini merupakan beberapa cara mudah mengatasi nyeri sendi yang bisa kalian lakukan.

1. Menjaga Berat Badan Agar Tetap Normal

Cara mudah mengatasi nyeri sendi yang pertama ialah dengan menjaga berat badan agar tetap stabil/normal. Sebuah studi di Kanada mengungkapkan, bahwa mereka yang obesitas tiga kali lebih mungkin melakukan operasi persendian lutut daripada mereka yang memiliki berat badan normal.

“Orang-orang yang kelebihan berat badan dan berhasil menurunkan berat badan sekitar 5 kg terbukti bisa mengurangi separuh resiko pengembangan osteoartritis lutut selama 10 tahun ke depan,” kata dr Sarah Brewer dari LQ Liquid Health Joint Care. Menurutnya, olahraga yoga dan pilates ialah cara yang baik untuk meningkatkan kesehatan sendi.

Baca Juga : Yuk Kenali 8 Tanda Tanda Terkena Anemia Berikut ini

2. Jangan Terlalu Sering Melakukan Gerakan Berulang Ulang

Semua aktivitas yang kalian lakukan setiap hari bisa menimbulkan efek nyeri sendi, terutama ketika saat kalian melakukan gerakan sendi yang berulang.

Menurut Jamal A. Mikdashi, MD, profesor kedokteran dari University of Maryland Medical Center, kondisi osteoartritis tulang belakang seorang pengemudi truk dapat semakin parah karena tugasnya sehari-hari.

Istirahat dan melakukan peregangan dipercaya bisa membantu kalian bekerja lebih baik.

3. Konsumsi Lemak Yang Sehat

Cara mudah mengatasi nyeri sendi yang selanjutnya ialah dengan menjaga kesehatan kita dengan mengkonsumsi makanan yang bervitamin dan pastinya baik untuk tubuh. Menurut  Bonita S. Libman, MD, Associate Professor of Rheumatology and Clinical Immunology di University of Vermont, asam lemak omega-3 bisa berperan penting untuk menghilangkan rasa nyeri pada sendi.

Kalian hanya perlukan dosis harian yang cukup tinggi (2.000 sampai 3.000 miligram) untuk menghilangkan rasa sakit pada sendi. Lemak sehat yang alami ini dapat kalian dapatkan dari salmon.

4. Usahakan Untuk Tidak Terjatuh

Seiring bertambahnya usia, Kalian juga harus mencegah segala aktivitas yang berisiko membuat membuat kalian terjatuh. Apabila kalian sudah menderita radang sendi, maka rasa nyeri ini bisa membuat badan kalian mudah goyah dan berisiko membuat kalian jatuh. Apabila hal ini terjadi, rasa sakit akan semakin menjadi dan membuat kerusakan baru pada sendi.

5. Tidur Yang Cukup

Studi menunjukkan bahwa kekurangan waktu tidur bisa menyebabkan seseorang mengalami banyak  rasa sakit, termasuk juga nyeri sendi. Sayangnya, bagi penderita artritis, tidur merupakan tantangan, sebab rasa sakit sendi bisa membangunkannya dari tidur. Meskipun begitu, apabila kalian menderita nyeri sendi, usahakan untuk tetap dapat tidur dengan cukup.

Baca Juga : 10 Cara Ampuh Mencegah Asam Lambung Naik

6. Hindari stres

Cara mudah mengatasi nyeri sendi yang terakhir ialah dengan menjaga tingkat stress kita, apabila kalian sedang mengalami sakit lutut atau nyeri sendi, stres dapat membuat rasa sakit di persendian kalian semakin parah. Banyak orang dengan nyeri sendi merasakan sakit yang lebih dalam sebab otot yang tegang.

Tarik napas dalam-dalam untuk menenangkan semua stres yang muncul. Meditasi, pijat dan akupuntur merupakan pilihan yang tepat untuk mengusir stres.

Itu merupakan beberapa cara mudah mengatasi nyeri sendi yang bisa kalian praktikan sendiri dirumah, jangan lupa bahwa kalsium dan vitamin D juga berperan penting dalam upaya meningkatkan kesehatan sendi serta menghindarkan kalian dari nyeri sendi. Asupan makanan yang kaya mineral sangat penting juga untuk membantu tulang kalian menjadi lebih kokoh, sekaligus menurunkan risiko osteoporosis.Tetapi apabila gangguan nyeri sendi masih kalian rasakan, segera berkonsultasilah ke dokter. Goodluck