Makanan Yang Bisa Menyebabkan Mata Bengkak

Makanan Yang Bisa Menyebabkan Mata Bengkak-Apakah kalian pernah mengalami pengalaman mata sedikit terlihat bengkak atau sembab saat kalian bangun dipagi hari?? Yapss… masalah kantung mata bengkak yang kalau dibahasa inggris disebut dengan istilah puffy eyes ini mungkin pernah di alami oleh sebagian dari kalian semua.

Mata bengkak atau sembab terjadi dikarenajan adanya penumpukan cairan di sekitar kulit mata disaat kalian tidur dimalam hari. Penyebabnya bisa terjadi dikarenakan oleh reaksi alergi, bisa juga karena posisi tidur terlentang, kurangya istirahat atau tidur, retensi air, dan atau karena faktor gen atau keturunan.

Karena retensi air juga termasuk dalam faktor penyebab, jadi makanan makanan tertentu memang bisa memegang peran utama terjadinya puffy eyes . Berikut dibawah ini kami akan menjelaskan kepada kalian semua apa saja si makanan yang bisa menyebabkan mata bengkak.

Makanan Yang Bisa Menyebabkan Mata Bengkak

1.Makanan Makanan Asin

Makanan asin atau makanan yang mengandung banyak sekali garam merupakan penyebab utama terjadinya mata bengkak atau sembab ini. Tubuh kalian memang sangat membutuhkan natrium (garam) , akan tetapi sistem tubuh kalian akan selalu mengecek atau memeriksa keseimbangan rasio antara air dan natrium (garam) ini sebelum meng izinkan ginjal untuk mengeluarkannya.

Dan masih banyak orang mengkonsumsi makanan asin akan merusak keseimbangan ini, jadi bisa membuat tubuh anda akan mempertahankan untuk tidak membuang cairan dari tubuh kalian sebelum keseimbangan tersebut kembali pulih. Salah satu akibat dari yang ditimbulkan oleh keadaan tersebut ialah mata bengkak atau sembab yang kalian derita. Oleh karena itu baik baiklah dalam mengkonsumsi makanan makanan yang kalian ketahui memiliki kandungan natrium tinggi.

Baca Juga :  Tips Menjaga Kesehatan Mata Dengan Cara Alami

2Meminum Minuman Berkafein

Kafein juga bisa memiliki peran sebagai penyebabnya kelopak mata bengkak atau sembab yang kalian derita. Kafein juga diketahui bisa mengganggu keteraturan sistem ekskresi tubuh kalian karena bersifat diuretik.

Apabila kalian terlalu banyak mengkonsumsi kafein bisa membuat kalian sering buang air kecil atau kencing. Sehingga keseimbangan akan terganggu dan tubuh akan mempertahankan cairan yang ada di dalam tubuh kalian , salah satu hasilnya yang akan terjadi adalah mata bengkak atau sembab di pagi hari setelah bangun tidur.

Apabila masalah mata bengkak atau sembab yang kalian alami sedikit parah, akan lebih baik kurangi asupan kafein kalian dengan beralih ke kopi atau teh atau softdrink tanpa kafein , kurangilah secara bertahap (alon alon asal kelakon) selama beberapa minggu dan jangan seketika berhenti mengkonsumsi kafein , sebab itu bisa membuat kalian cepat merasa capek ( kurang energi).

3.Meminum Minuman Beralkohol

Mengkonsumsi minuman beralkohol juga bisa jadi penyebab dari terjadinya mata bengkak atau sembab yang sedang kalian alami. Dan apabila terlalu banyak, maka bukan mata kalian saja , tapi seluruh wajah kalian yang juga bisa terlihat bengkak atau sembab di keesokan harinya. Seperti contohnya kafein, alkohol juga bisa menyebabkan tubuh kalian untuk mempertahankan cairan.

Disaat retensi air itu terjadi , cairan tidak akan mengalir dari wajah kalian sebagaimana mestinya. Bisa membuat kepala lebih tinggi disaat tidur mungkin dapat sedikit mengatasi masalah yang ada pada mata kalian , akan tetap hal ini tidak akan benar benar bisa mengatasi masalah sehingga kalian memperbaiki lagi pola makan kalian.

Baca Juga : Tips Memilih Warna Lipstik Yang Cocok Dengan Warna Kulit Anda Agar Lebih Natural

Solusi Untuk Mengatasi Yang Namanya Mata Bengkak atau Sembab

Minumlah air putih dalam jumlah yang banyak disaat kalian mengkonsumsi kafein , alkohol , softdrink atau makanan makanan asin . Hal ini bisa membantu tubuh kalian untuk melepaskan kelebihan air yang bisa menyebabkan mata kalian menjadi bengkak atau sembab . Batasilah mengkonsumsi makanan asin dan perbanyaklah mengkonsumsi makanan makanan yang segar seperti buah dan sayur sayuran . Selain dari itu pastikan untuk menjalani pola hidup sehat dan bisa mendapatkan tidur malam yang cukup anatara tuju jam sampai delapan jam per malam.