5 Tips Untuk Mahasiswa Akhir Agar Tidak Menjadi Pengangguran

5 Tips Untuk Mahasiswa Akhir Agar Tidak Menjadi Pengangguran-Tingkat pengangguran di Indonesia sendiri semakin hari semakin meningkat saja. Banyak lulusan sarjana yang berakhir dengan menjadi pengangguran dan malah menambah beban orang tua. Hal ini terjadi karena kurangnya perencanaan yang matang saat masih semester akhir, jadi berdampak setelah mereka lulus. Setelah  lulus kuliah mereka akan menjadi bingung mau kemana, harus bagaimana, dan apa yang harus dilakukan.

Yaps, untuk kalian yang tengah menjalani semester akhir, jangan sampai waktu kalian terbuang dengan sia sia. Mulailah untuk meluangkan waktu kalian untuk memikirkan dan merencanakan apa yang akan kalian lakukan setelah lulus nanti. Sebab menyandang label pengangguran bergelar sarjana merupakan salah satu beban yang sangat sangat berat. Apalagi jika kalian berstatus anak pertama seorang laki laki. Sangat memalukan apabila telah ber umur kepala dua tapi masih menjadi tanggungan penuh orang tua.

Jangan khawatir masih ada waktu tersisa, simak dan lakukan beberapa tips berikut ini supaya terbebas dari status pengangguran setelah sarjanan nanti.

1.Kerja Part Time

Bagi kalian yang masih menyandang status mahasiswa semester akhir, sambil menunggu ujian skripsi selesai akan lebih baik apabila memanfaatkannya untuk kerja part time. Hal tersebut bisa membantu kalian dalam memenuhi kebutuhan sehari hari. Setidaknya kan bisa memenuhi kebutuhan kalian saat ingin pergi berlibur bersama teman teman. Atau bahkan untuk membeli paket kuota internet sendiri tidak lagi meminta uang kepada orang tua.

Bahkan saat ini sudah banyak perusahaan yang menawarkan kerja part time dan apabila pekerjaan kalian dinilai baik dan berkualitas, maka bisa menjadi peluang untuk kalian untuk menjadi staff tetap seusai lulus nanti. Hal tersebut juga bisa memberi dampak jangka panjang untuk kalian. Selain menambah pengalaman dengan kerja part time, kalian juga bisa memiliki banyak link untuk mencari tahu lapangan pekerjaan yang jauh lebih luas lagi. apalagi saat ini lowongan pekerjaan lebih menekankan orang orang yang telah berpengalaman didunia kerja.

Baca Juga : Aplikasikan 4 Cara Menghilangkan Jerawat Batu Dengan Metode Sederhana ini

2.Aktif Menghadiri Job Fair

Job Fair sangat berguna untuk kalian yang ingin mencari pekerjaan. Semakin rutin mengikuti job fair, maka semakin besar juga peluang untuk mendapatkan pekerjaan. Dari sini, kalian bisa semakin paham alur proses seleksi dan kriteria pekerjaan yang paling banyak di incar oleh perusahaan. Intinya, dengan mengikuti job fair bisa banyak pengetahuan baru yang bisa kalian dapatkan di dunia kerja.

3.Tingkatkan Hobi Kalian

Hobi terkadang membuat kita berpenghasilan. Apabila kalian memiliki hobi yang menarik, jangan sungkan sungkan untuk selalu meningkatkannya. Jangan hanya berfokus pada skripsi saja, namun sesekali luangkan waktu untuk melakukan aktivitas terkait hobi yang dimiliki. Apabila hobi menulis, tingkatkan hobi ini siapa tahu nanti kalian menjadi penulis buku yang terkenal. Lumayan kan dari hobi dapat menghasilkan uang hal tersebut juga yang bisa memicu kalian untuk tetap semanga dalam menjalani dunia sebagai mahasiswa semester akhir yang produktif.

4.Ikut Kursus Gratis

Menunggu memang cukup membosankan. Sambil menunggu skripsi selesai, alangkah baiknya kalian meluangkan banyak waktu untuk hal yang bersifat positif, salah satunya ialah mengikuti kursus gratis. Selain mengurangi stress karena tugas akhir, hal ini juga bermanfaat untuk dunia kerja kalian kedepannya.

Tidak bisa dipungkiri, saat ini sangat banyak hal positif yang dapat dilakukan. apalagi sudah banyak lembaga bahkan komunitas yang mengadakan kegiatan untuk mengurangi pengangguran. Contohnya LSM membuat kursus gratis untuk yang ingin mengembangkan potetensinya. Mulai dari kursus memasak, menjahit, desain grafis, dan merajut. Untuk kalian yang masih menyandang status sebagai mahasiswa semester akhir yang mempunyai banyak waktu luang, dapat dicoba untuk menambah pengalaman. Selain ilmu, kalian juga bisa memiliki banyak teman.

Baca Juga : 5 Cara Mengatasi Hidung Mampet Menggunakan Langkah Sederhana

5.Perbanyak Teman

Banyak cara untuk memperbanyak teman entah itu didalam kampus maupun diluar kampus. Hal ini bisa bermanfaat apabila kalian sedang mencari pekerjaan. Jangan malu untuk ikut berbagai organisasi positif dan aktif dikomunitas yang mempunyai manfaat dan jalin pertemanan baik dengan orang lain